Welcome to Ditta Suhada's blog

Hey, all.. I actually don't know what a blog is for. But yeah, here's mine. Just check it out and shut up :p

Senin, 31 Mei 2010

Bikin percobaan listrik dari kentang yok

Eksperimen kali ini datang dari sejumlah e-mail yang datang mendadak, menanyakan tentang menghasilkan listrik dari bermacam buah dan sayuran. Eksperimen ini cukup sering muncul dalam buku ilmu pengetahuan, dan juga salah satu eksperimen yang jarang menghasilkan seperti yang ditulis di buku. Untuk berhasil mencobanya, anda memerlukan:
• Beberapa macam buah-buahan atau sayuran
• Kawat tembaga, klip kertas, kunci atau potongan logam lainnya
• Headphone dari radio, tape, iPOD, dll.
Jika anda mengambil buku tentang eksperimen untuk anak-anak, anda akan menemukan instruksi untuk membuat sebuah baterai dari jeruk lemon atau buah lainnya. Pertama-tama, apa yang sedang anda buat bukanlah sebuah baterai melainkan sebuah sel elektrik. Untuk membuat sebuah baterai, anda akan memerlukan dua atau lebih sel yang saling dihubungkan.
Secara teknis, sebuah 1.5 volt baterai (AA, AAA, C dan D) adalah sebuah sel; 6 atau 9 volt baterai barulah baterai yang sesungguhnya.
Bahkan anda dapat menghitung sendiri berapa sel yang ada di tiap-tiap baterai tersebut.
Tiap sel dari baterai tersebut dapat menghasilkan 1.5 volt. Dua sel yang digabungkan akan menghasilkan 3 volt. Untuk 6 volt, anda memerlukan 4 sel. Untuk 9 volt, anda memerlukan 6 sel. Berapa banyak sel yang anda butuhkan untuk 12 volt baterai mobil (accu)?
Untuk sel saya, saya menggunakan sebuah kentang, tapi anda bisa menggunakan sebuah jeruk lemon, apel, atau buah lain dan sayuran. Anda juga memerlukan 2 obyek yang terbuat dari logam yang berbeda. Saya menggunakan sebuah paku dan sepotong kawat tembaga.
Tancapkan salah satu logam tersebut pada kentang dan tancapkan yang lainnya dengan jarak 1 inchi (2.54cm)
Sekarang anda memiliki 2 potong logam yang berbeda yang dihubungkan lewat cairan dari kentang. Ini membentuk sebuah sel elektrik sederhana, yang menghasilkan kira-kira setengah volt.
Bagaimana anda dapat mengatakan bahwa sel ini benar-benar menghasilkan listrik?
Beberapa buku menyarankan anda untuk menghubungkan sel ini dengan lampu dari senter. Masalahnya, setiap lampu senter, yang pernah saya temui, selalu memerlukan voltage dan ampere yang jauh lebih besar daripada yang dapat anda hasilkan dari sel kentang anda.
Buku lain menyarankan untuk menyentuhkan kedua logam tersebut dengan ujung lidah anda, tapi saya juga tidak pernah berhasil membuat bekerja.
Anda dapat mendeteksi listrik dengan menghubungkan sel tersebut dengan sebuah meter elektrik volt, jika anda memilikinya. Jika anda tidak memilikinya, anda dapat dengan mudah mendeteksi listrik dengan headphone atau sebuah earplug dari radio, CD player, dll.
Jangan khawatir, kita tidak akan merusak headphone tersebut. Jika anda melihat plug dari headphone, anda akan melihat bagian logam yang terdiri dari dua atau tiga bagian.
Pasang headphone tersebut. Sentuhkan salah satu logam dari sel anda ke salah satu bagian logam dari headphone tersebut, kemudian sentuhkan logam lain dari sel anda ke bagian logam lainnya dari headphone.
Jika anda mendengarkan dengan seksama, anda akan mendengar suara "klik" kecil. Jika plug anda terdiri dari 3 bagian, cobalah untuk menyentuhkan bagian lain untuk mendengarkan suara klik tersebut.
Headphone anda bekerja dengan mengubah sinyal elektrik yang lemah dari radio menjadi suara. Listrik dari sell kentang anda menghasilkan suara klik yang anda dengar. Setiap anda menghubungkan dan memutuskan logam dari plug, anda akan mendengar klik. Anda bahkan dapat mencoba buah yang lain dan jenis logam yang lain untuk melihat yang mana menghasilkan suara klik yang keras.
Semakin baik sel yang anda buat, semakin keras bunyi klik yang dihasilkan.

Sumber : http://www.bursainternet.com/Klik-dari-kentang.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar